Mengatasi Writer’s Block

Standard

Siapa sih di dwriters-blockunia ini yang ga bisa menulis? Semua orang pasti bisa menulis, tapi ga semua orang bisa membukukan tulisannya menjadi sebuah novel. Menulis sebuah novel emang ga gampang. Kebanyakan dari beberapa calon penulis novel berhenti di tengah jalan dan break berbulan-bulan hanya karena kehabisan ide.

Hal tersebut juga yang sekarang ini saya alami. Saya memulai menulis novel dari tahun 2012, tapi baru setengah jalan udah ga tau lagi harus menulis apa? Akhirnya beberapa bulan setelah vakum, saya merombak isi novel tersebut dan kembali meneruskan sampai setengah jalan. Begitu seterusnya yang terjadi sampai sekarang, makanya novel saya belum juga selesai..hehehhe😀

Suatu keadaan dimana para penulis mandek buat ngelanjutin naskahnya biasa disebut writer’s block. Semua penulis pasti pernah ngalamin yang kaya gini. Tapi tenang kali ini saya akan berbagi tips yang saya kutip dari buku “How To be A Writer” karangan Primadona Angela, tentang bagaimana mengatasi writer’s block. Ada dua pendekatan yang biasa diambil orang-orang yang merasa mandek saat menulis. Manakah yang cocok buat kamu? Yuk intip sendiri😀

  1. Susah melanjutkan tulisanmu? Barangkali itu karena kamu terlalu keras berusaha. Tinggalkan naskahmu, coba rileks dan lakukan aneka kegiatan yang biasanya membuatamu segar. Break the routine.
  2. Berkunjung ke panti asuhan atau panti wreda. Bawa oleh-oleh ala kadarnya. Berinteraksilah dengan para penghuni panti atau pengurusnya. Selain mengasah empatimu, siapa tahu kamu bisa mendapatkan ide dari cerita keseharian mereka.
  3. Ikut kursus keterampilan atau bahasa asing. Selain menambahkan pengetahuanmu (keren juga kan sebagai latar novel), kamu juga akan berinteraksi dengan kenalan baru. Bagi seorang penulis, penting sekali untuk membuka diri bagi memperkaya wawasan.
  4. Berjalan-jalan atau bersepeda mengelilingi kompleks rumahmu. Kalau kamu tinggal di apartemen atau rusun, cobalah mengitari daerah tersebut. Umpamakan dirimu sebagai komputer yang menyerap dan menyimpan informasi. Siapa tahu kamu menemukan tempat nongkrong baru yang asyik? Atau ada yang menggelitikmu untuk menulis?
  5. Cek buku alamat atau inbox e-mailmu. Adakah yang belum sempat dibalas? Asyik juga kan memberikan kabar untuk teman atau saudara di kota lain.
  6. Nonton TV atau film? Boleh juga. Asal jangan terlalu asyik saja sampai malas ngapa-ngapain.
  7. Do something nice for your parents and/or sibling(s). Kadang dengan membuatkan mereka secangkir teh hangat, atau menawarkan bantuan dengan sukarela, sudah cukup.
  8. Bagi yang suka kerajinan tangan, bisa mencoba mengoprek hobinya. Kalau suka membaca, kamu dapat mendaur ulang majalah, tabloid, dan kartu menjadi pembatas buku unik.
  9. Uji coba resep mudah, sekaligus belajar memasak.
  10. Kapan terakhir kali kamu membereskan kamar? Sekaligus membenahinya, barang-barang yang sudah tidak terpakai bisa disumbangkan atau dijual.
  11. Kalau ada pekerjaan yang selama ini kamu tunda-tunda, sekarang saat paling tepat untuk menyelesaikannya.

 

Ambil waktu istirahatnya sebisa mungkin jangan lebih dari satu minggu. Anggap saja liburan singkat. Kemudian coba menulis lagi!

 

  1. Pendekatan kedua mungkin lebih ekstrem. Namun yang mencobanya berkata cara ini lebih efektif. Pendekatannya adalah kalau merasa buntu, justru jangan berhenti menulis! Menulis harus dijadikan kebiasaan yang sama alaminya dengan bernapas. Paksa dirimu untuk menulis.

 

Cara memaksa diri untuk menulis

 

Gunakan teknik freewriting.

 

Teknik ini sangat mudah digunakan sekaligus efektif. Intinya kamu hanya menulis bebas.tuliskan apapun yang melintas dibenakmu. No restrictions! Ingin mengomentari kelakuan sahabat atau saudara yang menjengkelkan? Silahkan! Mendadak ada ide baru tapi tidak tahu harus menulis apa? Tuliskan saja semuanya, yang penting kamu tetap menulis.

2 thoughts on “Mengatasi Writer’s Block

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s